Pada Marketing tradisional pendekatan marketingnya adalah vertikal yang menggunakan media seperti Radio, koran, TV dsb,,,arahnya adalah satu arah (one way) atau sifatnya one to many tidak memungkinkan konsumen berinteraksi dengan perusahaan atau brand.
Dengan munculnya media komunikasi baru seperti Internet, blog, message boards, wikis, podcast, picture sharing, music sharing, dll maka lahirlah apa yang disebut dengan pendekatan horizontal dan many to many (M2M) marketing mulai dilakukan oleh marketer, pada horizontal marketing ini konsumen bisa berkomunikasi dengan produk (brand) secara dua arah (two way) sehingga terbentuk komunitas yang saling berinteraksi satu sama lainnya.
Contoh lainnya dengan bomingnya minat masyarakat internet untuk menggunakan facebook, frienster, flexiland dll yang digunakan sebagai media komunitas pertemanan yang memungkinkan personal dan komunitas satu dengan lainnya dapat berinteraksi secara intent dalam bentuk many to many Marketing dan hal ini adalah merupakan lahan baru yang sangat effektif untuk memasarkan suatu ide, produk,perusahaan bahkan personal lainnya, ini merupaka suatu perubahan yang perlu disikapi oleh para marketer dengan memanfaatkan content 2.0 yang sudah melanda dunia, semoga many to many marketing menjadi media yang ampuh dalam memasarkan produk dalam kapasitas yang banyak dalam suatu komunitasnya,,,
Sumber bacaan; Majalah Marketeers Jan 2009 dan Seminar Content 2.0 Jan Jakarta.
Dengan munculnya media komunikasi baru seperti Internet, blog, message boards, wikis, podcast, picture sharing, music sharing, dll maka lahirlah apa yang disebut dengan pendekatan horizontal dan many to many (M2M) marketing mulai dilakukan oleh marketer, pada horizontal marketing ini konsumen bisa berkomunikasi dengan produk (brand) secara dua arah (two way) sehingga terbentuk komunitas yang saling berinteraksi satu sama lainnya.
Contoh lainnya dengan bomingnya minat masyarakat internet untuk menggunakan facebook, frienster, flexiland dll yang digunakan sebagai media komunitas pertemanan yang memungkinkan personal dan komunitas satu dengan lainnya dapat berinteraksi secara intent dalam bentuk many to many Marketing dan hal ini adalah merupakan lahan baru yang sangat effektif untuk memasarkan suatu ide, produk,perusahaan bahkan personal lainnya, ini merupaka suatu perubahan yang perlu disikapi oleh para marketer dengan memanfaatkan content 2.0 yang sudah melanda dunia, semoga many to many marketing menjadi media yang ampuh dalam memasarkan produk dalam kapasitas yang banyak dalam suatu komunitasnya,,,
Sumber bacaan; Majalah Marketeers Jan 2009 dan Seminar Content 2.0 Jan Jakarta.