" Marketing is not the matter of how to create customers but how to win the heart of customers "

Minggu, 31 Agustus 2008

Mobile Marketing and Avertising


Pendahuluan

Operator telekomunikasi khususnya selular pada evaluasi trend mobile marketing (selular Marketing) diperkirakan akan booming dalam hal mobil marketing bisa meningkatkan revenue dari $3 Milyard menjadi 11 Milyard US dollar pada tahun 2011,
Pada tulisan ini, saya ambil dari seminar tahun 2007 yg lalu di Bangkok, dibahas mengenai mobile marketing advertising bagaimana agar mobile phone bisa sebagai advertising dan sekaligus menghasilkan revenue bagi operator selular, dalam hal ini PT telkom dengan Telkom Flexinya bisa mengimplementasikan program tersebut.

1. Evolusi Mobil Marketing
Evolusi Mobil marketing tidak terlepas dari perkembangan mobil phone atau Handphone, dimana pada tahun 2000 hanya bisa mengirim voce dan text (SMS),, sehingga SMS bisa dilakukan untuk melakukan pemilihan dan polling pada acara tertentu seperti acara Indonesian Idol., dengan teknologu 2G.
Pada taun 2002 pada teknologi mobil phone sudah mulai advertising color (berwarna0 berbentuk MMS (Multy Media Service) dengan teknologi 2,5 G sehingga informasi yang disampaikan ke pelanggan selular berbentu advertising berwarna dan lebih menarik bagi pelangg2. Mobil Phone (Selular) sebagai advertising.

2. Mobile Phone Sebagai Advertising
Mobil phone (selular) tidak ada masalah lagi dengan teknologi ini bisa dibuktikan dengan fasilitas yang dimilki mobil phone mulai dari Voice, SMS, MMS, WAP, Fax, radio, TV dll semua ada pada fitur mobile phone tersebut.
Dengan banyak fitur tersebut maka mobile phone bisa digunakan sebagai media advertising (iklan), mulai launching suatu produk, Quiz, pemilihan bintang TV dengan polling SMS bahkan PILKADA untuk mengumpulkan suara rakyat yang mendata minat masyarakat bisa dilaksnakan.
Dari data Informa/Economist pada tahun 2006 biaya Mobile Advertising mencapai 871 juta US dollar, dan pada tahun 2011 diperkirakan akan mencapai 20 Milyard US dollar, angka yang menunjukkan growth yang sangat signifikan, mengapa Telkom tidak optimalkan mobile advertising tersebut untuk produk Telkom Flexi, tentu merupakan suatu opportunity yang bisa Telkom raih untuk meningkatkan usage TelkomFlexi.

Pada tahun 2002 Founded dengan kantor di Singapore, Manila, Jakarta dan Vietnam, mengadakan 3 core specialisation pada:
- Premium Billing
- Media services
- Operator Services.
- Mobil partner for regional media players dengan:
- Multiple interactive TV shows, on-deck services, WAP portal development, mobil marketing
campaigns.
- Mobil content and sevices foe viewers dengan:
- Memberikan layanan profesional
- Membuat layanan khusus brand untuk terhubung banyak channel untuk penjualan produk tertentu.

Selanjutnya tahun 2004 sampai dengan tahun 2006, mulai dilaksanakan applications Java dan mobil internet (WAP), sehingga dengan memegang Handphone (HP) pelanggan bisa melaksanakan akses internet dengan mudah. Dengan teknologi 3G.
Diestimasikan pada tahun 2008 melalui mobil phone bisa menonton acara TV sehingga akan memudahkan pelanggan HP akses utk menonton TV.
Pada sepuluh tahun yang lalu orang hanya bisa menonton acara melalui TV konvensional dirumah dan kantor saja.
(Bersambung / Overlis)

2 komentar:

Anonim mengatakan...

bagaimana Telkom dg Flexi dan TSelnya menyambut era high speed broadband di produk mobile-nya. Bgmn roadmap Tlkm ke arah tsb ? Tks

Overlis mengatakan...

Bang Donyirawan Ysh
terima kasih atas responya,,
Telkom denga Flexinya akan mengembang Content sebagai media promosi bagi semua perusahaan yg ingin mempromosikan produknya,,utk broadband Flexi sdh bisa di akses dengan PDN(Paket Data Network) dengan cara kases mirip telkomnet Instan yaitu dg akes dial #777
Demikian salam